Keindahan Gunung Rinjani Lombok dan Misterinya

Gunung Rinjani Lombok. Informasi Gunung Rinjani. Lombok Timur. Pesona Lombok dengan kawasan pulau yang terkenal serta destinasi wisata baharinya seperti Gili Trawangan, Pantai Senggigi, dan Kuta Lombok. Tidak hanya itu daya pikat Gunung Rinjani yang menantang dan menyuguhkan pemandangan indah nan menawan dari ketinggian tidak kalah menggiurkan. 

Tidak mudah menaklukkan Gunung Rinjani ini dikarenakan diawali pendakian lebih dari 4 kilometer, itu belum ditambah melewati halang rintang selama perjalanan pendakian.

Apabila Anda ingin melakukan pendakian ke Gunung Rinjani ini, hendaknya tidak sekedar coba-coba. Namun anda harus mempunyai nyali yang cukup, kondisi fisik yang mendukung, serta paling tidak sedikit pengetahuan dasar pendakian gunung.

Gunung Rinjani Lombok ini terletak di Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) Indonesia dan merupakan gunung tertinggi di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Ketinggiannya mencapai 3.726 MDPL. Gunung Rinjani juga merupakan gunung tertinggi ke tiga di Indonesia dan Gunung berapi tertinggi ke dua di Indonesia setelah Gunung Kerinci (3.805 MDPL).


keindahan Gunung Rinjani dan Misterinya.

Spot Wisata di Kawasan Gunung Rinjani

Sejumlah titik wisata Gunung Rinjani dan merupakan favorit di kalangan wisatawan, yaitu Tetebatu, Senaru, dan Sembalun dengan keindahan alam pegunungannya yang eksotis. 

Ada satu titik lagi yang tak kalah menarik ditawarkan Gunung Rinjani Lombok, yakni Segara Anak, sebuah danau alami akibat letusan Gunung Rinjani di masa lampau. Segara artinya laut, dengan demikian Segara Anak diartikan lautan kecil anak Gunung Rinjani.

Oleh masyarakat lokal, danau ini lebih sering disebut sebagai laut dikarenakan air nya berwarna biru jernih seperti air laut asli. Danau Segara Anak hadir pada ketinggian 2.800 meter dan didalamnya terdapat berbagai jenis ikan, seperti ikan harper, mujair, dan juga ikan Mas. 

Konon Danau Segara Anak ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bahkan dulunya sering dijadikan lokasi pemujaan atau ritual untuk mendapatkan ilmu dan benda-benda sakti.

Tak jauh dari Danau Segara Anak, dapat terlihat sebuah gunung kecil yang bernama Gunung Baru atau New Mountain. Hanya sedikit orang yang berani menaklukkan puncak Gunung Baru ini karena hingga sekarang gunung tersebut masih terus mengeluarkan gas.

Di Gunung Rinjani Lombok ini, terdapat lebih dari 109 spesies burung. Beberapa di antaranya adalah jenis burung yang banyak terdapat di Australia. Jika Anda mengunjungi Pelawangan Sembalun, Akan dijumpai spesies monyet berekor panjang yang sangat suka mengganggu pendaki. 

Biasanya kawanan monyet dengan ekor panjang ini merusak tenda pendaki, lalu mencuri makanan di dalam tenda.

Karena menyimpan sisi unik dan alamnya yang eksotis, Gunung Rinjani Lombok ini sering dijadikan ajang trekking oleh para pendaki yang menyukai tantangan dan petualangan. Tetapi perlu juga diketahui bahwa di balik pesona dan keindahan yang dimilikinya, Gunung Rinjani Lombok termasuk salah satu dari enam gunung paling berbahaya di Indonesia. 

Hal ini dikarenakan masih tersimpan banyak misteri yang belum diketahui. Tak jarang cuaca yang cerah tiba-tba berubah jadi buruk dan menyebabkan pendaki tersesat, kemudian tak lama ditemukan telah meninggal dunia.

Posting Komentar untuk "Keindahan Gunung Rinjani Lombok dan Misterinya"